Mengawali website joomla

joomla
Sebagai seorang pemilik website pastinya tidak asing lagi dengan CMS Joomla, dan jika anda sudah terbiasa membuat website dengan Joomla, banyak hal hal yang sebenarnya harus diperhatikan mulai dari segi keamanan sampai cara untuk memberikan kesan profesional. Hal tersebut tidak berlebihan, bahkan banyak webmaster yang membayar orang untuk mereview web joomla miliknya agar benar-benar optimal sebelum di launching.

Untuk lebih mengoptimalkan joomla anda dapat memulainya dengan langkah langkah dibawah ini :

  1. Sesaat setelah anda selesai menginstall Joomla, akan ada web icon bawaan. Sebaiknya anda mengganti dengan icon yang sesuai dengan website anda. Sediakan saja icon web anda dengan ukuran 16×16 Pixel formatnya bisa jpg, gif, png atau lainnya yang mendukung untuk pembuatan icon.
  2. Jangan pernah lupa dalam membackup file database Joomla, membackuap database joomla bisa menggunakan PHPmyadmin atau dengan cara memasang component backup database.
  3. Jika Anda hendak mengisi content Joomla jangan mengcopy paste langsung dari file Word, apalagi word 2007 karena hal ini akan membuat isi content Anda tidak sesuai dengan setingan. Misal jenis font bisa berubah begitu juga ukurannya. Sebaiknya Anda mengopy dari Notepad atau teks editor sejenisnya.
  4. Jangan lupa menempatkan fungsi search di website joomla Anda. Ini sering terjadi, webmaster Joomla kadang lupa memasang, padahal ini sangat bermanfaat bagi pengunjung untuk mencari artikel di web anda
  5. Jangan mengaktifkan fitur eksport ke PDF hal ini akan menciptakan duplikat content yang tidak di sukai oleh search engine dan akan menghambat optimasi.
  6. Periksa posisi file dan directory joomla terutama masalah hak akses. Dalam struktur file joomla ada beberapa directory yang memang harus 777 dan ada juga yang tidak. Directory penting yang harus di kembalikan saat kita tidak mengedit yaitu file configurasi.php ubah setelah Anda mengedit ke posisi 644.
  7. Dalam hal meta data alangkah baiknya tidak terlalu panjang cukup 5 deskripsi dan lima meta keyword yang benar-benar erat isinya dengan Website joomla Anda.
  8. Aktifkan cache hal ini akan berpengaruh pada kecepatan loding pada halaman yang pernah di akses. Cache berfungsi menyimpan salinan dari halaman web sehingga pengguna tidak perlu memuat seluruh halaman Anda setiap kali mereka kunjungi.
  9. Menonaktifkan statistik bawaan Joomla karena hal ini akan membuat webkita akan cepat penuh filenya. Sebagai gantinya bisa menggunkan pihak ketiga seperti Google Analystics.
  10. Unistall Component dan module yang tidak di gunakan. Terkadang component pihak ketiga menjadi celah untuk masuk ke website kita.

Jika anda butuh bantuan mengenai Joomla jangan sungkan menghubungi jakarta web hosting, klik disini untuk mendapatkan bantuan dari live chat support 24 jam kami

Comments are closed.

Read previous post:
5 Tips Internet Aman Untuk Anak

5 Tips Aman Internet Untuk Anak Anda. Internet, sekalipun internet menjadi sumber informasi yang tanpa batas namun tetap menyimpan bahaya

Close