Mengelola FTP dengan filezilla

filezillaFileZilla atau juga dikenal dengan sebutan FileZilla Client, adalah salah satu software FTP gratis, open source, cross-platform. Binari tersedia untuk Windows, Linux, dan Mac OS X. Spftware ini mendukung FTP, SFTP, dan FTPS (FTP di SSL/TLS). Sejak 5 Maret 2009, software ini adalah software kelima yang paling populer didownload sepanjang masa dari SourceForge.net.

FileZilla Server adalah produk lain dari FileZilla Client. Ini adalah server FTP yang didukung oleh proyek yang sama dan fitur-fitur dukungan untuk FTP dan FTP melalui SSL / TLS.

Fitur utama dari Filezilla adalah :

  • Site manager (Manajer situr) Mengizinkan pengguna untuk membuat daftar situs FTP beserta data koneksinya, seperti nomor port yang akan difunakan, protokol yang digunakan, dan apakah akan menggunakan log anonim atau normal. Untuk log normal, nama pengguna dan kata sandinya tersebut akan disimpan. Penimpanan kata sandi adalah opsional.
  • Message log (Log pesan) Ditampilkan Ditampilkan di bagian atas jendela. Fitur ini menampilkan output berjenis konsol (console-type) yang menunjukkan perintah yang dikirim oleh FileZilla dan respons yang diterima dari server.
  • File and folder view Ditampilkan di bawah pesan log (Message log), menyediakan sebuah tampilan grafis antarmuka untuk FTP. Pengguna dapat menavigasi folder dan melihat dan mengubah isinya pada komputer lokal dan server dengan menggunakan tampilan antarmuka gaya Explorer. Pengguna dapat men-drag dan drop file antara komputer lokal dan server.
  • Transfer queue (Transfer antrian) Ditampilkan di sepanjang bagian bawah jendela, menunjukkan status real-time setiap antrian atau transfer file yang aktif.

Pengelolaan file transfer dengan filezilla sangat mudah, tampilannya juga sangat user friendly. Namun untuk dapat melakukan pengelolaan direktori website dengan software ini anda harus terlebih dahulu memastikan apakah webhosting yang anda gunakan support FTP atau tidak

Dibawah ini adalah tutorial penggunaan filezilla

Comments are closed.

Read previous post:
Tablet pc, kiamat bagi pc dan notebook?

Data baru dari firma riset Gartner Inc dan IDC memperlihatkan lebih banyak bukti bahwa iPad Apple Inc yang telah berhasil

Close