Strategi Dasar Membangun Online Shop

Bingung mau memulai usaha bisnis online shop? Pastikan kalian mengetahui bagaimana teknis dasar dalam membangun sebuah usaha bisnis dunia maya tersebut. Ada beberapa hal penting yang bisa menjadi strategi dasar membangun online shop, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pemasaran Konten

Konten pemasaran bukanlah konsep baru. Bahkan, John Deere mulai tren pada tahun 1895 ketika mereka merilis The Furrow, majalah pertanian. Perusahaan lain seperti Jell-O dan Michelin diikuti sesuai dengan buku resep dan tips otomotif. Konten pemasaran adalah penting karena membantu membangun merek Anda dan menginspirasi kepercayaan dalam perusahaan Anda. Bahkan, enam dari sepuluh konsumen mengatakan bahwa setelah membaca publikasi kustom, mereka merasa lebih baik tentang perusahaan.

Pemasaran konten online telah memperluas lapangan untuk memasukkan blog, video pelatihan, podcast, dan bahkan video game. Tapi seperti setiap strategi online lainnya, pemasaran konten memiliki kelemahan. Konten berkualitas rendah adalah kesalahan yang paling umum dan dapat mempengaruhi peringkat Anda dan merusak merek Anda. Misalnya, konten penuh dengan tata bahasa dan ejaan kesalahan membuat Anda terlihat ceroboh dan tidak profesional. Memberikan pernyataan tanpa memverifikasi fakta-fakta dapat membuat Anda terlihat bodoh. Ingat bahwa konten yang Anda masukkan di situs Anda mungkin kesan pertama calon klien mendapatkan dari perusahaan Anda.

Kesalahan lain banyak bisnis membuat adalah untuk menarik diri dari pemasaran konten semua bersama-sama. Mungkin ini hasil dari tren terhadap tamu blogging sebelum update Google baru-baru ini. Pemasar Agresif yang membuat tulisan blog tamu, dan kemudian menyerahkan mereka kepada siapa saja yang akan mempublikasikan mereka sebagai imbalan atas backlink ke situs mereka. Backlink tersebut dianggap sebagai pernikahan yang sempurna dari pemasaran konten dan SEO yang baik.

2. Pemasaran Media Sosial

Bagi beberapa orang, media sosial tidak lebih dari cara untuk tetap berhubungan dengan teman-teman lama. Tapi untuk bisnis, media sosial adalah cara untuk mengikat SEO dan konten pemasaran bersama. Search engine mempertimbangkan jumlah saham halaman menerima ketika ia menempati urutan bagian tertentu dari konten.

Baca juga: Kegunaan Media Sosial Saat Ini

Media sosial juga cepat menjadi isi cara utama dibagi. Situs seperti Twitter, Google+, Stumble Upon, dan Facebook semua memungkinkan konsumen untuk berbagi konten yang berharga dengan orang lain dalam jaringan mereka. Penelitian menunjukkan orang lebih cenderung mempercayai berbagi konten dari orang yang mereka kenal, sehingga saham ini mirip dengan 4 bintang!

Sebuah kesalahan umum dalam pemasaran media sosial berpikir sejumlah besar pengikut adalah semua yang Anda butuhkan. Bahkan, banyak perusahaan bermunculan menawarkan untuk menjual 100 atau 1000 teman ‘nyata’ atau penggemar. Perlu diingat bahwa teman-teman dan penggemar tidak cukup – Anda butuhkan untuk membangun keterlibatan. Teman yang dibeli sering tidak target demografis atau akun palsu. Tidak akan membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Disamping dua hal di atas, perlu juga diketahui tips-tips ringan membangun usaha toko online, diantaranya adalah:

1. Jangan Pernah melakukan Spamming.

Berbisnis online menggunakan social media ataupun website haruslah bijaksana.Hindari melakukan Spamming ( penipuan ) yang hanya akan membuat orang kesal dan mencoreng citra bisnis Anda.

2. Informasikan Toko dan Produk anda dengan Lengkap.

Saat membuka toko online.Anda harus menginformasikan segala jenis produk yang anda jual dan juga tentang seluk beluk toko anda seperti email,no Hp dengan lengkap dan jelas.Misalnya saja anda menjual baju.Anda di tuntut agar menginformasikan jenis kain,ukuran,stok,lebar yang tidak lain bertujuan agar memperjelas kondisi barang dan menghindarkan toko kita masuk ke dalam kategori penipuan karna barang yang mereka terima tidak sesuai dengan apa yang anda jual.

3. Foto dengan kualitas Bagus.

Gambar atau foto adalah salah satu kunci sukses dalam sebuah toko online.Dengan gambar kita bisa menjelaskan model produk,warna dan kondisi dari barang itu sendiri.Jangan sampai hanya karna kualitas foto yang tidak bagus membuat pembeli jadi tidak nyaman berada di toko anda.

4. Memperbanyak jenis dan model barang.

Ini adalah sebuah strategi sederhana dalam permainan bisnis.Semakin banyak jenis barang yang anda jual,maka semakin besar kemungkinan barang anda terjual.Probabilitas 100 jenis barang terjual,lebih besar ketimbang 50 jenis barang.

Cloud-Hosting (1)

Read previous post:
Modal usaha kecil? Siapa bilang tidak bisa Marketing?

Bagi kalian yang seorang pengusaha, pasti sudah biasa mendengar kalimat Marketing, bagaimana tidak? Marketing sudah umum dipercaya sebagai hal terpenting

Close