Cara untuk Membuat Blog Anda Eksis di Dunia Maya

Sebagus apapun desain blog Anda, hal tersebut tentunya menjadi sia-sia saja jika pada akhirnya tidak ada yang mengunjunginya. Membuat blog memang cukup mudah, sisi kesulitannya adalah untuk mendatangkan pengunjung, apalagi untuk mendatangkan banyak pengunjung. Namun, sebenarnya ini hanya masalah waktu serta tingkat keseriusan Anda dalam mengembangkan blog tersebut. Membangun trafik blog cukup membutuhkan waktu. Normalnya untuk mendatangkan trafik pada angka ribuan per hari setidaknya dibutuhkan waktu tidak kurang dari tiga bulan.

Proses ini bisa saja dipercepat jika Anda benar-benar paham cara kerja search engine dan disisi lain Anda sudah mempersiapkan amunisinya, mulai pemilihan keyword yang tepat, strategi optimasi, dst. Kondisi sebaliknya juga bisa saja terjadi, proses pengembangan blog bisa berjalan lebih lama jika Anda melakukan banyak kesalahan pada fase-fase awal pengembangan, misalkan terjerumus dengan teknik-teknik optimasi berbau spam.

Baca juga: Tutorial Blogging yang Bisa Menarik Visitor

Pemilihan niche yang tepat

Jika blog Anda masih relatif baru atau bahkan baru akan dibuat, pastikan Anda meninjau ulang apa niche yang akan Anda ambil. Seperti dijelaskan diatas, bahwa niche sangat menentukan volume trafik. Agar proses pengembangannya tidak menghabiskan banyak waktu, pilihlah niche yang populer, namun tingkat persaingannya tidak terlalu tinggi.

Baca juga: Tau Gak? Blogging itu Bermanfaat Untuk Orang Lain Loh!

Daftarkan blog Anda ke search engines (Google, Yahoo, Bing, dsb)

Sebenarnya ada banyak sekali search engine yang bisa digunakan, namun sebaiknya Anda cukup fokus pada ketiga search engine diatas, karena 99% pengguna internet di Indonesia hanya menggunakan ketiga search engine tersebut.

Buatlah artikel yang benar-benar menggambarkan niche blog

Jika niche blog Anda tentang teknologi, maka jangan membuat artikel berita. Kondisi ini akan merusak niche blog Anda, dan kekuatan relevansi niche dengan konten itu sangat penting untuk peningkatan trafik.

Tulislah artikel yang padat

Secara teori, artikel berkualitas memang tidak harus padat, bahkan banyak sekali topik yang hanya membutuhkan uraian singkat. Namun, faktanya mesin pencari lebih memprioritaskan artikel yang berisikan banyak kata daripada yang minim kata. Sehingga kesimpulannya, artikel yang berkualitas dalam penilaian mesin pencari adalah artikel yang padat/panjang.

Gunakan anchor text

Hubungkan antara satu artikel dengan artikel lainnya dalam satu blog (harus relevan) untuk memperkuat kedudukan masing-masing artikel di search engine. Penggunaan anchor text dalam penulisan artikel blog merupakan sebuah keharusan, hal ini merupakan salah satu bagian dari memplementasi teknik SEO on-page.

Membangun backlink berkualitas

Backlink berkualitas sangat membantu untuk memenangkan persaingan di SERP.

Perkaya konten

Tidak cukup hanya dengan bermodalkan niche dengan jumlah pencarian tinggi, Anda juga harus memperbanyak konten di blog Anda. Postinglah artikel secara reguler dan buatlah artikel-artikel tersebut memiliki keterkaitan tema antara satu sama lain (relevan).

Gunakan social media

Social media memberi pengaruh kuat dan dijadikan sebagai salah satu materi pengukur kredibilitas suatu blog oleh search engine, terutama Google. Bangunlah sebuah komunitas di situs-situs social media untuk kepentingan strategi promosi blog.

Baca juga: Kegunaan Media Sosial Saat Ini

Gunakan Read More

Buatlah pengunjung penasaran dengan menambahkan readmore, mengapa? karena dengan read more pengunjung akan melihat cuplikan-cuplikan blog sobat yang membuat pengunjung penasaran untuk membaca semua artikel blog sobat sekarang blogspot sudah menggunakan readmore terbaru tanpa harus menggunakan metode otak atik java srcipt. kalau belum tahu silahkan baca disini

Anjurkan orang lain untuk berkomentar

Untuk menganjurkan pengunjung meninggalkan komentar, sahabat bisa menyertakan pertanyaan pada tiap posting, seperti misalnya: “Bagaimana menurut anda?” atau “Anda punya tips lain?” dan lain-lainnya yang sahabat bisa kembangkan sendiri. intinya sobat harus mengunakann bahasa yang interaktif dalam membuat postingan.

Read previous post:
Tools Yang Bisa Digunakan Untuk Menanggulangi Pencurian Artikel Blog Anda

Mungkin Anda akan kesal kalau tulisan artikel yang Anda buat susah payah dicopas begitu saja oleh orang lain. Anda harus

Close