Cara Meningkatkan Keamanan CMS pada WordPress

Seperti yang telah kita ketahui, WordPress merupakan platform untuk membuat website yang sangat populer di kalangan para pengakses internet, khususnya para blogger ataupun para pembaca. WordPress yang selama ini dikenal sebagai platform untuk membuat blog, sekarang ini sudah memiliki fungsi yang sangat bervariasi, dimulai dari website profil perusahaan, galeri foto ataupun video, bahkan sampai dengan kelas e-commerce.

Baca juga: Tutorial Membangun Web Toko Online Dengan WordPress

Apabila kita merupakan salah satu pengguna WordPress, sangatlah penting bagi kita untuk meningkatkan pertahanan keamanan website kita. Terdapat beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan keamanan CMS WordPress, beberapa penjabaran tersebut dapat kalian simak pada artikel di bawah ini:

1. Jangan pernah menggunakan “admin” sebagai Username

Hindari jauh-jauh penggunaan username dengan kata “admin”. Karena pada saat ini WordPress sudah berkembang sampai pada tahap versi 4.x, WordPress memiliki pilihan untuk harus mengganti username-nya. Hal ini bertujuan untuk menghindari ancaman peretas merusak website WordPress yang telah kita buat, karena apabila kita menggunakan kata “admin” sebagai username pada website WordPress akan sangat mudah untuk diakses dan itu bisa menjadi salah satu titik lemah sebuah website. Maka dari itu, buatlah username yang orang tidak pernah terpikirkan atau yang kemungkin kecil orang tidak tahu sehingga terhindar dari hal yang tidak diinginkan terhadap website kita.

2. Password yang memiliki keyword yang unik

Tidak hanya sedikit orang yang meremehkan kekuatan password untuk akses website mereka, karena terpikir tidak penting untuk menggunakan password yang susah diingat atau berbelit-belit, maka banyak sekali orang yang menggunakan password yang mudah diingat, dengan arti mudah sekali ditebak. Hal ini dapat menyebabkan kelemahan yang dapat sangat mudah sekali untuk ditembus oleh para peretas. Maka, pastikan website kalian memiliki password yang unik, sudah banyak website yang memiliki indikator kekuatan password, maka sebaiknya kalian membuat password sampai indikator menunjukkan password kalian sulit untuk diingat. Tips: buatlah password yang panjang dengan kombinasi angka, huruf dan simbol.

3. Pastikan WordPress untuk selalu Up-to-Date

Pastikan WordPress yang digunakan selalu di-upgrade ke versi WordPress yang terbaru, karena WordPress selalu melakukan pengembangan terhadap CMS mereka, seperti fitur, perbaikan bug dan lainnya. Upgrade tersebut cukup mudah untuk dilakukan, kalian dapat melakukannya secara otomatis ataupun secara manual pada laman dashboard WordPress.

Baca juga: Tips memilih WordPress Hosting

4. Hapuskan Plugin yang tidak diperlukan

Hapuslah plugin-plugin yang tidak berguna atau tidak bermanfaat bagi website kalian, karena hal ini akan membuat kemungkinan website kalian makin lambat untuk diakses. Pastikan kalian menggunakan plugin yang memang dibutuhkan atau bermanfaat bagi website kalian, karena itu dapat mempengaruhi muatan website. Apabila kalian memiliki banyak plugin pada website kalian apalagi plugin yang tidak penting, maka website kalian akan menjadi sangat berat dalam proses memuat.

5. Pastikan wp-admin dan database kalian prefix secara default

Pengamanan yang dilakukan pada login wp-admin juga bisa menjadi salah satu pertimbangannya pengamanan pada website WordPress kalian, seperti adalah Lockdown wp admin. Kalian papat melihatnya pada http://wordpress.org/extend/plugins/lockdown-wp-admin/. Gantilah prefix dengan prefix yang lain. Salah satu yang bisa menggunakan plugin change DB Prefix adalah http://wordpress.org/extend/plugins/db-prefix-change/

Percayakan website WordPress kalian pada kami, JakartaWebhosting.com

bannerJakartaWebHosting

Read previous post:
Trik SEO dengan menerapkan Blogwalking

Apabila Anda seorang blogger yang cukup rajin nge-blog, mungkin istilah blogwalking ini sudah terdengar tidak asing. Blogwalking merupakan salah satu trik

Close