Web Hosting

Membuat website joomla

membuat website joomlaMembuat website joomla dapat dilakukan secara offline terlebih dahulu kemudian diupload ke dalam cPanel untuk dionlinekan. Secara offline dapat menggunakan web server dengan localhost seperti XAMPP, WAMP, PHPtriad dan beberapa lainnya. Atau mungkin web master lebih suka membuat website joomla secara online dalam pengerjaannya maka instalasi hanya dilakukan langsung pada cPanel server hosting.

Sebetulnya akan lebih mudah melakukan instalasi otomatis menggunakan Fantastico, namun terkadang tidak tersedia fitur dengan versi terbaru di dalam Fantastico. Tidak perlu risau Anda masih bisa membuat website joomla dengan mudah lewat cPanel. Instalasi dapat dilakukan secara manual dengan membuat database di cPanel.

Langkah langkah membuat website joomla adalah sebagai berikut:

  1. Download joomla versi terbaru
  2. Masuk ke dalam cPanel
  3. Cari tab databases dan tekan
  4. Pilih MySQL databases akan muncul isian untuk creaate new databases klik cerate databases akan muncul layar konfirmasi tekan Go Back
  5. Carilah menu MySQL Users lakukan isian username dan passowrd muncul layar konfimasi create username tekan Go Back
  6. Cari menu Add User To Database akan tampak usernama dan nama database yang tadi dibuat.
  7. Upload paket joomla ke directori public_html.

Sampai pada tahap ini harus dipastikan koneksi internet lancar untuk menghindari file corrupt. Langkah berikutnya untuk membuat adalah:

  1. Masuk cPanel pilih File Manager tekan Go akan tampak direktori public_html masih kosong
  2. Klik tab Upload di bagian kiri atas akan terbuka layar untuk proses upload
  3. Tekan browse pilih file yang akan kita upload pilih lokasi untuk meletakkaan file-file tersebut tunggu hingga proses upload 100%
  4. Setelah semua terupload lalu bukalah tab baru di browser ketikkan nama domain terbuka layar untuk penginstalan joomla
  5. Akan muncul beberapa arahan dan petunjuk, lalukan isian sesuai dengan masing-masing arahan.
  6. Ketika muncul box petunjuk untuk mengganti file Configuration.php-dst gantilah menjadi Configuration.php lalu copy code yang muncul dalam box petunjuk tadi ke dalam file Configuration.php.
  7. Setelah instalasi selesai hapus hapus folder instalation melalui cPanel.

Setelah itu kita bisa mengakses web dengan mengetikkan namanya di browser. Untuk melakukan pengaturan bisa dengan masuk ke halaman administrator dengan mengetikan alamat web/ administrator lalu isikan username dan password joomla.

Comments are closed.