Cara Mudah Dan Cepat Belajar Joomla

belajar joomlaBelajar joomla tidak sesulit yang dibayangkan, jika beberapa ahli dalam web desainer mengatakan dalam bahasa yang rumit dan bertele-tele ketika mengajarkannya, sebaiknya jangan terlalu cemas sebelum mencoba. Pada dasarnya joomla sangat mudah diphami walaupun Anda tidak terlalu mengenal bahasa PHP.

Bagi seorang pemula yang bersungguh –sungguh ingin belajar joomla, maka 24 jam sudah cukup sejak dia mengenalnya untuk membuat sebuah website berbasis joomla.

Belajar joomla dengan mudah dan cepat dapat dilakukan dalam langkah – langkah sederhana berikut ini :

1. Install Joomla. Pertama kali yang harus Anda lakukan ketika belajar joomla adalah meng-install joomla. Langkah paling cepat dapat dilakukan melalui fantastico atau dari cPanel joomla hosting, biasanya hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 5 menit. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menginstall secara manual yang mengharuskan Anda mengunggah file-file instalasi joomla ke website lalu mengikuti beberapa petunjuk langkah-langkah disana.

2. Konfigurasi Joomla. Langkah mungkin akan memakan waktu sekitar 10 sampai 15 menit, dilakukan dengan login ke area Admin. Ketika belajar joomla Anda harus memahami alamat direktori area admin pada joomla, yaitu “administrator”, jadi jika misalnya Anda meng-install joomla pada namadomain.com maka area admin ada di namadomain.com/administrator. Isi form login yang ada sesuai dengan isian pada saat install, lalu pilih situs dan klik link global configuration . dari sini ikuti saja petunjuk – petunjuk yang muncul untuk mengkonfigurasi informasi situs, server dan sistem yang akan dipakai.

3. Membuat Content. Belajar joomla juga harus mengerti dan memahami membuat content, karena akan menjadi inti dari situs joomla Anda. Coba Anda perhatikan bagian – bagian yang akan di isi berikut ini,divisi adalah bagian luas dari konten, kemudain divisi dibagi menjadi sub divisi atau kategori, baru kemudian terdapat daftar halaman/content item/artikel. Ketika belajar joomla memasuki langkah ini, sebaiknya Anda menentukan dahulu tujuan dan bentuk dari website yang sedang dibangun.

4. Membuat Menu Joomla. selanjutnya dalam belajar joomla adalah mengenal Menu joomla yaitu sistem navigasi yang Anda buat dalam website. Bisa dibagi menjadi beberapa kategori tergantung kebutuhan. Menu-menu ini misalnya adalah jika Anda menjual barang dan jasa melalui web, maka semua barang dan jasa ditempatkan di Menu “Our Product”, kemudian bagaimana cara pengunjung menghubungi Anda, masuk dalam menu “Contact Us”.

5. Kustomisasi Website. Setelah semua dilakukan, sekarang waktunya tahap belajar joomla untuk mempercantik tampilan website Anda.

Comments are closed.

Read previous post:
CMS Joomla Untuk Toko Online

Toko online dengan Joomla sangat mudah dibuat dan memilki penampilanyang modern. Joomla sebagai salah satu CMS yang lengkap dapat digunakan

Close