Benarkah Joomla Seringkali Menjadi Sasaran Hacker

Situs joomla memang seringkali menjadi sasaran para hacker, kalau kita melihat kilas balik dengan banyaknya situs pemerintahan yang menjadi sasaran kebanyakan memang menggunakan joomla.

Maka tak heran kalau masyarakat awam serta merta menyalahkan joomla sebagai CMS yang tidak aman dan mudah di retas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Benarkah demikian?

Sebenarnya tidak hanya joomla, CMS lain pun sama. Tidak ada sistem yang benar benar sempurna, kita juga tidak bisa mencegah 100% agar website kita di retas oleh para hacker. Yang bisa kita lakukan hanyalah menyiapkan diri sebelum serangan itu menimpa website kita.

Simak beberapa tips untuk mengamankan website joomla anda : 

  1. Pergunakanlah Web Hosting yang sudah terbukti berkualitas baik, tanyakan di mana server data centernya, tingkat keamanan, mulai dari anti virusnya, keamanannya, bagaimana dengan sistem back up nya. Web hosting yang baik akan memberikan informasi yang detil di website mereka.
  2. Jangan lupa untuk selalu melakukan backup melalui cpanel Hosting, usahakan selalu memilih Full Backup dan simpan di komputer anda hasil backup tersebut secara berkala, apabila terjadi server error anda masih memiliki file cadangan.
  3. Jika anda menyimpan file htaccess nya di komputer lokal anda, usahakan untuk menghapus file keamanannya, anda bisa lihat di buku panduan joomla atau tanyakan ke komunitas joomla.
  4. Pergunakanlah extention Jsecure, silahkan anda bergabung di forum forum pengguna joomla untuk mengetahui banyak tentang jsecure ini. Dengan mengunakan jsecure ini maka website anda akan lebih aman, jika sebelumnya sebelum login kita mengetikkan www.namadomain.com/administrator, nah ketika anda menggunakan jsecure ini maka akan menjadi www.namadomain/administrator/?keyname. Apabila hacker membuka ke administrator akan muncul page error 404 dan tidak menemukan halaman login
  5. Pergunakan password yang kuat untuk mencegahnya, setidaknya anda menggunakan 6 karakter, namun akan lebih baik jika terdiri dari 8 digit dengan memperhatikan penggabungan misal password “stevenzxc” buatlah seperti ini ” st3v3nzxc” atau karakter dan angka seperti “st5%1xz”
  6. Gunakan anti virus terbaru dan anti spyware yang terbaik dan selalu updatelah.

Apabila Anda ingin membuat sebuah blog yang berisikan artikel tentang pengalaman, pengetahuan kamu untuk bisa dibagikan kepada orang lain, Anda bisa membuat website blogging dengan CMS WordPress yang sangat mudah dalam proses pembuatannya.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi https://www.jakartawebhosting.com yang menyediakan layanan WordPress Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

Comments are closed.

Read previous post:
Tips agar wordpress lebih cepat di akses

Wordpress adalah cms yang banyak di minati oleh para webmaster karena cms ini memiliki begitu banyak add on yang bisa

Close