3 jejaring sosial besar memprotes google

Langkah Google yang mengutamakan hasil pencarian berdasarkan Google+ telah membuat 3 jejaring sosial besar seperti Facebook, Twitter, dan MySpace, bersatu untuk menciptakan sebuah “senjata” untuk menangkalnya. Alat yang di ciptakan itu diberi nama “Don’t be evil”. Nama ini diadopsi dari moto dari Google sendiri. Sejatinya, “Don’t be evil” merupakan add-on (alat bantu) untuk memunculkan hasil pencarian yang lebih objektif terkait situs jejaring sosial yang ada di dunia.

Awal Januari 2012 lalu, Google memang telah melakukan update sistem pencarian yang dijuluki “Search, plus Your World” (SPYW), Di dalamnya terdapat fitur Personal Results, yang dapat memperlihatkan hasil pencarian lebih personal bagi penggunanya. Jika Anda melakukan pencarian dengan Google, maka di sisi kanan halaman akan muncul beberapa link yang relevan dari Google+. Namun, Google tidak menampilkan link dari jejaring sosial lain.
Tindakan Google ini dinilai sangat tidak adil oleh Facebook, Twitter dan MySpace, karena Google+ berada di barisan depan hasil pencarian. Atas dasar itulah, para programmer dari ketiga jejaring sosial membuat add-on “Don’t be evil”. Protes ini sekaligus memperingatkan Google agar lebih fokus melayani apa yang dicari pengguna, bukan malah memromosikan produknya.

Tak hanya itu para developer yang membuat grup dengan nama ”Focus on the User” dalam pernyataannya mengatakan :

Ketika Anda mencari dengan kata kunci ”cooking” maka Google akan menampilkan hasil pencarian dari jejaring sosial milik koki Jamie Oliver. Hal tersebut tentu saja benar, tetapi alih-alih memperlihatkan tweet Jamie yang diupdate setiap hari, yang ditampilkan Google adalah profile Google+ Jamie yang terakhir di update pada dua bulan lalu. Apakah alogritma relevansi milik Google telah salah ? Tidak. Jika Anda mencari dengan kata kunci Jamie Oliver secara langsung, makan profile Twitter miliknya akan langsung tertampil dan Google bahkan tidak menampilkan profile Google+ milik Jamie di halaman pertama.

Comments are closed.

Read previous post:
Saingi google doc, microsoft luncurkan SkyDrive

Seolah ingin mengimbangi cloud computing google doc, microsoft mengeluarkan layanan baru yang bernama SkyDrive, adalah layanan penyimpanan berbasis cloud (komputasi

Close