Sunday , September 24 2017
Breaking News
Home / .NET technology / Apa itu ASP.NET AJAX

Apa itu ASP.NET AJAX

ASP AJAXASP.NET AJAX (dulu disebut sebagai Atlas CTP) merupakan salah satu framework AJAX untuk ASP.NET 2.0. Dengan menggunakan ASP.NET AJAX, kita dapat membuat aplikasi web lebih responsif dan interaktif. Untuk membuat aplikasi web AJAX-enabled menggunakan ASP.NET AJAX sangatlah mudah. Programmer web dengan kemampuan Javascript terbatas pun bisa membuat aplikasi web yang resonsif dan interaktif menggunakan ASP.NET AJAX. ASP.NET AJAX dapat di-download di http://ajax.asp.net.

Beberapa keunggulan aplikasi web menggunakan ASP.NET AJAX dibandingkan dengan aplikasi web yang secara penuh berbasis server antara lain.

  • Lebih efisien karena sebagian proses dilakukan di browser.
  • Elemen UI yang lebih familiar seperti indikator proses, tooltips dan jendela pop-up.
  • Update sebagaian halaman yang hanya mengganti sebagian dari halaman web (partial rendering).
  • Integrasi client dengan ASP.NET application services untuk form authentikasi dan user profiles.
  • Framework yang mudah disesuaikan dengan kebutuhan sebagaimana server-control.
  • Mendukung sebagian besar browser terkenal termasuk Microsoft Internet Explorer, Mozilla Firefox dan Apple Safari.

Arsitektur ASP.NET AJAX

ASP.NET AJAX merupakan framework yang terdiri dari pustaka script client dan komponen server yang terintegrasi. ASP.NET AJAX juga didukung dengan ASP.NET AJAX Control Toolkit dan beberapa fitur tambahan lainnya.

Arsitektur Server ASP.NET AJAX

Komponen server ASP.NET AJAX terdiri dari kontrol-kontrol web server ASP.NET dan komponen-komponen untuk mengatur UI dan alur aplikasi, juga mengaturserialization, validasi, pengembangan control server, dan lain sebagainya.

Control-control Server ASP.NET AJAX

Control-control server ASP.NET AJAX terdiri dari kode server dan client yang terintegrasi untuk membangun cita rasa AJAX. Berikut adalah daftar dari kontrol-kontrolserver yang sering digunakan.

  1. ScriptManager
    Mengatur sumberdaya script komponen-komponen client, merender bagian dari halaman, localization, globalization, dan custom user script. Script manager dibutuhkan oleh UpdatePanel, UpdateProgress dan kontrol Timer.
  2. UpdatePanel
    Digunakan untuk membuat rendering sebagian halaman (partial rendering), bukan keseluruhan halaman.
  3. UpdateProgress
    Memberikan informasi mengenai status bagian halaman yang ter-update dalam kontrol UpdatePanel.
  4. Timer
    Melakukan postback ke server berdasarkan interval waktu yang telah ditentukan. Kontrol Timer dapat digunakan untuk melakukan postback keseluruhan halaman atau sebagaian halaman yang ada dalam UpdatePanel.

Web Services ASP.NET AJAX

ASP.NET AJAX menyediakan web services yang dapat digunakan oleh script client dan dapat bekerja bersama dengan application services ASP.NET. Dengan menggunakan ASP.NET AJAX, pemanggilan web service menggunakan script client dapat dilakukan dengan mudah karena telah disediakan komponen network di dalamnya.

Kemampuan Control Server ASP.NET AJAX untuk Dikembangkan

Control-control ASP.NET AJAX baru dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan. Dengan kemampuan ini, server kontrol ASP.NET AJAX dapat terus berkembang sesuai dengan kebutuhan. Beberapa control ASP.NET AJAX yang telah siap pakai dapat ditemukan di Microsoft ASP.NET AJAX Control Toolkit.

Arsitektur Client ASP.NET AJAX

Pustaka script client ASP.NET AJAX  terdapat pada beberapa file (.js). Beberapa layer yang ada di pustaka ASP.NET AJAX antara lain:

  • Layer browser compatibilityLayer ini menyediakan kompatibilitas sebagian besar browser populer (termasuk Microsoft Internet Exploere, Mozilla Firefox, dan Apple Safari).
  • Service inti ASP.NET AJAX, yang mengandung komponen-komponen inti seperti clases, namespaces, event handling, inheritance, tipe data, dan serialisasi object.
  • Pustaka class ASP.NET AJAX, berisi komponen-komponen seperti string builder dan penanganan error tingkat lanjut.
  • Layer network yang menangani komunikasi antara service client web dengan aplikasi dan mengatur pemanggilan method secara asinkron.
  • Dukungan pustaka JavaScript yang terkandung dalam assembly atau berada dalam file (.js). Penyatuan script JavaScript ke dalam assembly dapat mempermudah pemasangan aplikasi (deployment) dan memecahkan masalah versioning.
  • Dukungan atas pengaksesan server-based forms authentication dan informasi profile dalam script client. Dukungan ini juga terdapat pada aplikasi web yang tidak dibuat dengan ASP.NET selama aplikasi tersebut menggunakan pustaka ASP.NET AJAX.
  • Dukungan atas mode release dan debug serta mendukung localization yang tertanam dalam assembly maupun terpisah dalam file JavaScript.

Debuging

Arsitektur ASP.NET AJAX menyediakan model untuk mode release dan debug. Pada mode release, pemeriksaan error dan penanganan exception telah dioptimasi untuk performance dengan script yang minimum. Pada mode debug, menyediakan lebih banyak fitur seperti pengecekan type dan argument.

Dalam class debug helper (Sys.Debug) tersedia method-method untuk menampilkan object-object ke dalam form yang mudah dibaca pada bagian bawah halaman web. Helper ini juga menampilkan pesan trace untuk melakukan assertions dan break ke debugger.

Localization dan Globalization

Pada arsitektur ASP.NET AJAX server dan client tersedia mekanisme model localization dan globalization pada script client. Dengan fitur ini, kita dapat merancang aplikasi dengan berbagai macam locale UI (bahasa dan kultur) menggunakan satu basis kode. Sebagai contoh, untuk menampilkan tanggal atau angka, ASP.NET AJAX akan memformat tampilan sesuai dengan seting culture pada browser pengguna tanpa harus melakukan postback ke server.

ASP.NET AJAX Control Toolkit

ASP.NET AJAX Control Toolkit adalah kumpulan contoh-contoh komponen kontrol yang memanfaatkan kemampuan ASP.NET AJAX. Kontrol-kontrol ini dapat di-download di situs ASP.NET AJAX.

Dan JakartaWebHosting mensupport akan ASP.NET AJAX ini. Anda bisa menggunakan fitur-fitur ini di Windows Hosting kami.

sumber : http://www.masykur.web.id/post/Berkenalan-dengan-ASPNET-AJAX.aspx

Read previous post:
Menggunakan nama domain sendiri di WordPress.com

Wordpress di Indonesia semakin menjadi CMS yang di Idolakan, bahkan tercatat bahasa Indonesia menjadi bahasa no 3 yang paling banyak...

Close