Membangun usaha sebagai dropshipping

drop shippingDropshipping memiliki metode pengiriman produk di mana pelanggan melakukan pembelian kepada pengecer, tetapi pelanggan menerima produk langsung dari produsen. Di dalam pengaturan Disini dropshipping atau pengecer bertindak sebagai perantara antara produsen dan pelanggan. Keuntungan yang diperoleh pengecer dalam transaksi ini adalah perbedaan antara harga grosir dan harga eceran dari item yang dijual.

Dropshipping sangat bermanfaat bagi toko-toko eceran dengan modal yang minim, karena hanya membutuhkan koneksi internet, domain, dan hosting untuk mengelola toko online. Selain itu dropshipping juga memudahkan para pengecer agar tidak selalu harus keluar uang untuk  memproduksi barang baru.

Proses singkatnya seperti ini :

  1. Anda punya toko online misal jual gadget/phone.
  2. Anda sudah deal dengan Dropshipper (yang biasanya perusahaan besar/pabrik/produsen langsung)
  3. Anda dapat harga grosir dari produsen (dropshipper)
  4. Anda jual lagi di toko online anda dengan harga lebih mahal plus ongkos kirim.
  5. Jika ada yang pesan, anda tinggal bilang ke dropshipper buat packing dan kirim barang yang dipesan.
  6. Barang dikirim langsung oleh dropshipper ke pelanggan anda.

Masalah yang umumnya di hadapi dropshiping secara offline untuk pengecer adalah pengendalian persediaan, jika misalkan terjadi order besar-besaran anda harus menyediakan tempat yang memadai dan tentu saja harus menggaji orang untuk menjaganya agar tidak mengalami pencurian. Hal ini berbeda sekali jika anda menggunakan media website sebagai sarana dropshipping, pengecer tidak perlu menyimpan persediaan yang besar di satu tempat. Yang perlu anda perhatikan hanyalah webhosting anda jangan sampai down ketika ada orang ingin melakukan order

Banyak produsen yang sudah siap dengan metode Dropshipping, karena pada dasarnya para pengecer tersebut telah menjadi penjual tambahan bagi produk mereka. Proses pengiman juga lebih mudah,  Dengan Dropshipping, pabrik dapat mengunakan metode pengiriman yang murah (UPS, FedEx, Perusahaan Pengiriman Lokal) untuk mengirimkan produk langsung kepada pelanggan.

Belakangan ini peluang bisnis sebagai dropshipping tersedia sangat lebar, jika anda jeli di indonesia sendiri sudah banyak bermunculan. Toko toko online tersebut tidak lagi memikirkan proses produksi, mereka hanya menjual dan selanjutnya menyerahkan kepada pemilik produk untuk mengirimkan kepada customer. Dengan metode ini maka tak heran ada begitu banyak Toko online yang bermodal kecil namun dapat menjual barang dengan harga yang sangat mahal.

Comments are closed.

Read previous post:
Promosi online di facebook

Sebenarnya saat melakukan promosi di facebook atau di jejaring sosial lain sebaiknya jangan hanya di tujukan untuk mendapatkan traffic. Tapi

Close