WordPress vs Joomla, CMS Mana yang Lebih Unggul?

Pada zaman yang serba digital ini sangat mempengaruhi eksistensi seseorang, terutama media internet. Saat ini banyak orang yang mencari eksistensi melalui media internet, entah itu media sosial, forum ataupun dengan website pribadi. Penggunaannya pun sangat beragam, mulai dari situs blogging, situs bisnis online, situs aktivitas organisasi, situs promosi produk perusahaan atau hanya sekedar narsis di dunia internet. Apalagi dengan hadirnya sebuah CMS (Content Management System) yang dapat memberikan kemudahan dalam membuat website dan ini merupakan salah satu faktor yang membuat semakin banyak bermunculan website pribadi.

Jadi, Apa itu CMS? Menurut Wikipedia, CMS merupakan perangkat lunak yang memberikan kemampuan bagi seseorang untuk dapat memanipulasi (mengubah) dan menambah isi dari suatu situs web. Kemampuan tersebut memiliki fitur yang berbeda-beda, seperti fitur publikasi berbasis web, pencarian, pengarsipan, kontrol revisi, manajemen format, dan masih banyak fitur yang disediakan oleh CMS. Bagi kalian yang banyak menghabiskan waktu untuk internet pasti paling tidak mengenal CMS yang populer seperti WordPress dan Drupal. Lalu mana yang lebih unggul dan lebih bagus untuk membuat situs web? Mari kita bedah keduanya di artikel ini.

wordpress vs joomlaUntuk dapat membandingkan keunggulan dari kedua CMS tersebut sangat tergantung pada si pembuat website sendiri. Karena hampir semua CMS dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, template yang mudah diatur dan juga search engine friendly. Sehingga dapat dikatakan perbandingan WordPress dan Joomla untuk website unggulan tidaklah terlalu signifikan.

Perbandingan WordPress dan Joomla untuk website dinamis dilihat dari kesamaannya adalah bahwa mereka sama-sama merupakan software gratis yang juga menyediakan berbagai fitur dan template yang menarik secara gratis. Kedua CMS ini merupakan yang paling populer dalam dunia web developing dibandingkan dengan CMS yang lain, dan keduanya juga menyediakan fleksibilitas yang tinggi bagi para penggunanya untuk berkreasi dengan fitur-fitur yang ada sehingga dapat sesuai dengan kebutuhan.

Dalam artikel kali ini kita akan lebih melihat pada keunggulan Joomla dibandingkan WordPress.

  1. Dari segi penggunaan, walaupun WordPress mungkin lebih populer karena kesederhanaannya, Joomla jelas memilki fitur yang lebih banyak untuk mendapatkan sebuah website dinamis yang lebih menarik dan unik.
  2. Dari segi fungsi, keunggulan Joomla memilki hampir semua fitur yang dapat disesuaikan dengan setiap industri. Disarankan agar Anda lebih memilih Joomla jika ingin membangun sebuah website yang canggih dnegan fitur-fitur yang canggih.
  3. Melihat pada optimasi untuk mesin pencari. Mungkin kesederhanaan wordpress dapat dengan mudah menjadi unggul dalam urutan search engine, namun seoranng web master yang handal akan dapat mengenali keunggulan Joomla dengan penyesuaian yang cerdas pada fitur yang telah tersedia.
  4. Keunggulan Joomla yang lain adalah mudah terukur. Joomla dirancang sedemikian rupa untuk dapat dimodifikasi sehingga dapat memenuhi setiap kebutuhan yang spesifik.
  5. Integrasi sistem lain ke dalam Joomla diberikan dalam bentuk modul-modul. Keunggulan Joomla disini bahwa modul-modul tersebut dapat disesuaikan atau dimodifikasi. Jika dalam WordPress disebut sebagai plug in.
  6. Keunggulan Joomla dalam fitur admisnistrasi adalah lebih lengkap dengan sepenuhnyadapat disesuaikan dengan kebutuhan.
Read previous post:
Blog SEO
Tahap Awal Menjadi Ranking Pertama di Mesin Pencarian

Mungkin sebagian orang tidak akan asing dengan kata “Juara 1”. Seperti yang telah kita ketahui, menjadi juara bukanlah perkara mudah.

Close