Sistem Operasi Linux Pada Smartphone

gnome logoSemakin banyaknya pengguna smartphone di dunia menarik minat dua perusahaan raksasa pengembang Linux untuk membuat sistem operasi mobile untuk memasuki pasar. Kedua perusahaan Linux tersebut adalah LiMo Foundation dan GNOME Foundation. Kedua perusahaan besar ini sepakat untuk bekerja sama membuat inovasi di dunia open source, khususnya di pasar sistem operasi untuk ponsel.

Selain itu, dalam waktu dekat, LiMo Foundation akan menjadi bagian dari anggota dewan penasehat GNOME Foundation, sebaliknya GNOME akan menjadi Industry Liaison Partner untuk LiMo Foundation. Platform LiMo sendiri merupakan platform perangkat mobile dengan basis sistem operasi Linux, termasuk komponen multi dari proyek GNOME Mobile seperti Glib, GTK+, D-Bus, GStreamer dan BlueZ, serta lainnya.

“Sebenarnya tujuan dari GNOME Mobile tak lain untuk menyediakan sebuah platform ke tahap berikutnya dari komputasi klien. Kami berkomitmen untuk membawa kualitas dan kebebasan kepada pengguna GNOME pada platform mobile,” ujar Direktur Eksekutif Yayasan GNOME Stormy Peters.

“Kami sangat bersemangat untuk bekerja sama dengan mitra komersial seperti LiMo Foundation untuk memastikan bahwa GNOME Mobile teknologi yang tersedia pada perangkat mobile yang terhubung dan menggabungkan platform LiMo,” tambahnya lagi.

Tentu saja dengan masuknya dua perusahaan Linux terbesar ini akan menambah panas perang OS di pasar smartphone, semoga persaingan produsen memberi dampak positif bagi pengguna.

Comments are closed.

Read previous post:
Android dan Masalah Lisensinya

Jika saat ini hampir semua orang bisa memiliki perangkat smartphone, maka apresiasi yang luar biasa sangat layak diberikan kepada Android.Android

Close