Kesalahan bertukar link pada blogger pemula

backlinkTidak bisa dipungkiri, backlink dari blog lain menjadi kebutuhan tersendiri bagi pemilik blog, baik dalam hal popularitas maupun untuk memenuhi kebutuhan search engine. Backlinks adalah salah satu pertimbangan spider (Robot yang dimaksud disini adalah robot  dari mesin pencari) Link sangat penting karena agar blog anda terjaring oleh robot dan akhirnya terindex di Search Engines. backlink memberikan kekuatan untuk bersaing di posisi SERP Google yang pada tahap selanjutnya akan memperkuat kata kunci pada blog anda.

Membuat satu halaman khusus yang berisi kumpulan link : akan terbaca dengan mudah oleh Search Engine sehingga search engine akan langsung menganggap bahwa kita sedang membuat “Link Exchange:” atau “Tukaran Link” yang dalam praktek Search Engine seperti dinyatakan di atas adalah Illegal. Untuk menghindari ini, sebaiknya kita menempatkan semua link hasil tukar-tukaran link di sidebar atau di footer blog, karena umumnya link seperti ini dianggap sebagai link partner.

Tukaran Link Dengan Blog Yang Tidak Relevan : Seperti dinyatakan google di atas, tidak hanya kuantitas dan kualitas link yang penting tapi juga relevansi sumber link terhadap link yang lain yang akan dihitung. Karena itu peringkat blog dengan topik umum dan luas umumnya lebih cepat mendapat peringkat yang baik, karena tukaran link dengan blog lain akan tetap dianggap topik yang sama.

Bertukar Link Tanpa Konfirmasi ulang : Ini kesalahan yang banyak dilakukan blogger pemula seperti kita, saat kita memasang link lebih dulu ke sebuah blog, kita yakin bahwa blog tersebut juga akan memasang link pada kita. Padahal kenyataannya, pemilik blog terkadang lupa atau bahkan tidak menghiraukan permintaan tukaran link kita. Bisa karena komentar kita masuk ke folder SPAM atau memang permintaan kita tidak dihiraukan.

Blogger Pemula ini juga pernah mengalaminya, karena itu menjadi pelajaran berharga agar melakukan pengecekan setelah melakukan permintaan tukaran link dan juga pengecekan rutin link tersebut setiap bulan. Blog yang tidak memasang link balik sebaiknya ditempatkan dalam daftar tunggu hingga pengecekan berikutnya, dan sebaiknya kirimkan ulang konfirmasi ke pemilik blog.

Menggunakan Anchor Text Yang Tidak Relevan Dalam Tukaran Link : Anchor text adalah kata yang terlihat pada sebuah link. Bila kita ingin mendapatkan peringkat yang baik dalam SERP untuk kata kunci tertentu, sebaiknya gunakan kata kunci tersebut sebagai Anchor text blog kita, namun sebaiknya anchor text tersebut memiliki relevansi dengan isi blog kita. Bila tidak ingin mengincar kata kunci tertentu, menggunakan judul blog juga bisa.

 

Comments are closed.

Read previous post:
Pentingnya memiliki website pribadi

Website tak lagi di monopoli oleh perusahaan saja, di seluruh dunia website sudah dimiliki oleh perseorangan. Jangan heran kalau tiba

Close