E-Lifestyle

Tablet pc, kiamat bagi pc dan notebook?

tablet pcData baru dari firma riset Gartner Inc dan IDC memperlihatkan lebih banyak bukti bahwa iPad Apple Inc yang telah berhasil menciptakan pasar tablet sedang menggerogoti penjualan personal computer (PC) secara serius. Sebenarnya jauh sebelum Steve Jobs (pemilik Apple) memperkenalkan iPad, sudah ada beberapa vendor yang jualan Tablet PC, tapi penjualannya tidak sesukses iPad. Karena itu, banyak yang beranggapan jika Tablet PC adalah buatan Apple. Steve Jobs boleh dikatakan orang yang mempopulerkan Tablet PC. Dengan kesuksesan Tablet PC tersebut (iPad), sehingga banyak vendor lain mengikuti jejaknya dengan memperkenalkan Tablet PC-nya masing-masing.

iPad yang diproduksi oleh Apple diperkirakan akan tetap memimpin pasar tablet global dalam jangka pendek dan menengah. Namun, pendatang baru seperti RIM, Cisco, Avaya dan perangkat berbasis Android diperkirakan juga akan meraih pangsa pasar yang relatif cepat dalam jangka pendek. Secara umum, tablet memiliki nilai jual unik yang sangat kuat terutama bagi sektor penjualan yang memiliki fokus industri bervariasi. Industri yang menjadi pelopor dalam penggunaan tablet adalah sektor farmasi, konstruksi dan consumer goods

Secara umum, tablet PC memiliki nilai jual unik yang sangat kuat, terutama bagi sektor-sektor yang memiliki fokus dagang bermacam-macam. Industri yang menjadi pelopor dalam penggunaan tablet PC adalah sektor farmasi, konstruksi, dan consumer goods, yang telah memiliki kisah sukses bisnisnya tersendiri. Terkait aplikasi, kemungkinan besar yang akan paling sering digunakan adalah email dan sales support software, seperti CRM dan Business Intelligence tools.

“Namun, masih ada faktor yang menghambat penetrasi tablet di pasar korporat, yaitu penggunaan dan akses melalui tablet yang belum umum, terbatasnya pengembang aplikasi tablet, rendahnya jumlah data plans 3G, subsidi khusus telko untuk tablet, dan harga tablet yang tinggi di pasar lokal, ” papar Iwan Rachmat, Senior Consultant, Information & Communication Technologies, Frost & Sullivan Indonesia.

Meski sering disebut-sebut tablet pc akan menjadi ancaman kiamat bagi gadget sejenis notebook dan netboook sebenarnya tidak juga, karena dalam keseharianya Tablet PC Tablet lebih cocok digunakan untuk membaca buku dan majalah digital, menonton, main game, browsing internet, presentasi, sosial media/jejaring sosial, serta memeriksa dan mengirim email. Sehingga sebenarnya antara tablet pc dan netbook/notebook memiliki pangsa pasarnya sendiri. Kecuali jika di hadapkan kepada PC, perlahan tapi pasti pasar PC tergerus secara perlahan

 

 

Comments are closed.